Bandara Kualanamu Dengan Fasilitas Termegah di Indonesia

Kualanamu International Airport

Kualanamu International Airport

Kualanamu International Airport, adalah Bandar Udara baru Sumatera Utara menggantikan Polonia Medan yang telah berusia 70 tahun yang mulai diopersaikan 25 Juli 2013 lalu. Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Yang kini telah menjadi Bandara Kualanamu dengan fasilitas termegah di Indonesia.

Pembicaraan tentang Bandara baru di Medan ini sebenarnya sudah sering terdengar di telinga saya sejak masih di Sekolah Dasar dulu. Memang benar Bandara ini sudah dipersiapkan sejak jaman pemerintahan Soeharto, namun banyak masalah yang belum dapat diatasi, diantaranya pemilihan nama Bandara baru yang tepat, dan juga sengketa pembebasan lahan.

Ternyata pemindahan Bandara ke Kualanamu telah direncanakan sejak tahun 1991, persiapan pembangunan diawali pada tahun 1997, namun krisis moneter yang dimulai pada tahun yang sama kemudian memaksa rencana pembangunan ditunda. Rencana pembangunan selama bertahun-tahun terhambat masalah pembebasan lahan yang belum terselesaikan. Hingga Juni 2006, baru 1.650 hektar lahan yang telah tidak bermasalah (telah diselesaikan sejak 1994), sementara lahan yang dihuni 71 kepala keluarga lainnya masih sedang dinegosiasikan, namun pada November 2006 dilaporkan bahwa Angkasa Pura II telah menyelesaikan seluruh pembebasan lahan.

Kini Kualanamu berdiri di atas lahan yang luas dan mampu menampung 10.000 pergerakan pesawat per tahun dengan total investasi Rp5,8 triliun. Bandara ini rencananya juga akan menampung 25 juta penumpang pertahun. Luas terminal penumpang adalah sekitar 6,5 hektar dengan fasilitas area komersial seluas 3,5 hektar dan fasilitas kargo seluas 1,3 hektar. Bandara International Kualanamu memiliki panjang landas pacu 3.750 meter yang cocok untuk didarati pesawat sebesarĀ  Boeing 747, dan mempunyai 8 garbarata. Bandara ini sanggup didarati oleh pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini yaitu Airbus A380. Bandara ini telah menjadi bandara ketiga di Indonesia yang bisa didarati Airbus A380 selain Bandara Hang Nadim dan Bandara Soekarno-Hatta. Namun Bandara Kualanamu dengan fasilitas termegah di Indonesia, karena satu-satunya yang memiliki fasilitas kereta api langsung ke Bandara.

Diperkirakan jarak tempuh dari Medan hingga Kualanamu dengan kereta akan berkisar antara 16-30 menit. Harga tiket kereta api Kualanamu-Medan PP akan berkisar sekitar Rp 80.000,-. Kereta Api yang dipakaiĀ  adalah KRDE buatan INKA. Direncanakan pada bulan September akan datang kereta dari Korea Selatan yang akan dilengkapi wi-fi service. Kereta api ini dioperasikan oleh PT Railink yang merupakan perusahaan gabungan antara PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Indonesia. Kereta api ini merupakan kereta api Bandara pertama di Indonesia.

Selain kereta juga ada fasilitas bus, Bandara ini akan dilayani Bus Damri dari dan ke Kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit. Juga ada Taxi, namun tarif yang dikenakan naik cukup tinggi dibandingkan Bandara lama Polonia. Airport tax atau pajak atas calon penumpang di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, jauh lebih mahal dari bandara lama. Di Bandara Polonia per calon penumpang diwajibkan membayar sebesar Rp35.000,-. Namun di Kuala Namu, bandara baru yang terletak di Kabupaten Deliserdang, tarifnya sebesar Rp100.000,- untuk setiap calon penumpang. Banyak juga penumpang yang protes karena kenaikan ini sangat signifikan, menanggapi hal itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, harga itu sudah sebanding dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan Kualanamu ke calon penumpang. Jadi, menurutnya alasan itu sudah cukup wajar baginya harga airport tax Rp100.000,- di Bandara moderen sekelas Kualanamu. Bandara ini juga dilengkapi fasilitas jalan tol Medan-Kualanamu.

Bandara Kualanamu dengan fasilitas termegah di indonesia telah membuat Garuda Indonesia berpindah lokasi operasional ke KNIA (Kualanamu International Airport), beberapa maskapai penerbangan seperti Lion Air dan Air Asia juga sudah mempersiapkan perpindahannya ke KNIA (Kualanamu International Airport). Dengan dioperasikannya Bandara Internasional berkelas yang baru ini semoga tetap terjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang nantinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>